Definisi Jaringan Internet Berbasis LAN, MAN, WAN

2 min read

Pengertian Jaringan LAN, MAN dan WAN

Sekarang ini, internet telah menjadi kebutuhan utama. Hampir semua orang di berbagai daerah mengandalkannya untuk membantu pekerjaan, terlebih saat ini segala aktivitas diharuskan #dirumahsaja. Oleh karena itu, kenalilah pengertian jaringan LAN, MAN dan WAN yang menjalankan dunia maya tersebut.

Pengertian Jaringan LAN, MAN dan WAN

Jika Anda pernah sekolah di SMK jurusan tkj atau kuliah jurusan teknik komunikasi pastinya sudah tidak asing dengan istilah LAN, MAN dan WAN sebagai jalur transmisi untuk menikmati internet lewat media apapun. Sebenarnya, apa pengertian ketiga jaringan itu?

1. LAN

LAN merupakan Local Area Network. Sama seperti nama yang disandangnya, jaringan ini hanya berlaku di wilayah lokal saja. Jangkauannya sendiri lebih sempit sehingga ketika digunakan di luar daerah tersebut sudah tidak bisa.

Baca juga : urutan warna kabel straight dan cross lengkap

Kebanyakan, jaringan LAN sendiri dipakai di area sempit untukmembatasi penggunaan dari luar. Misalnya komputer-komputer yang digunakan pada gedung perkantoran, sekolah, warnet, laboratorium komputer, pabrik dan tempat khusus lainnya.

Tempat-tempat yang memakai jaringan LAN sebagai jalur transmisi mereka kebanyakan memakai perangkat sederhana untuk menghubungkan sebuah komputer dengan internet seperti kabel UTP atau Unshielded Twisted-Pair, Hub, Router dan Switch.

2. MAN

Jika LAN hanya serupa lingkup kecil dan sangat dibatasi penggunaannya, berbeda dengan jaringan satu ini. MAN atau Metropolitan Area Network memiliki cakupan lumayan luas. Seperti namanya, mungkin jalur transmisi data ini bisa digunakan sampai satu kota.

Kebanyakan penggunaan MAN ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, organisasi besar atau pihak pemerintahan, karena mereka pasti memerlukan jaringan yang mampu menghubungkan beragam informasi dari tempat tersebut ke kota lainnya secara cepat.

Sayangnya, untuk menggunakan jaringan MAN ini Anda memerlukan satu operator telekomunikasi. Tugasnya sebagai server yang menghubungkan komputer dari kota tersebut ke wilayah tetangga.

3. WAN

Bisa ditebak, bila jaringan LAN hanya selingkup kantor atau sekolah dan MAN mampu mencakup jaringan internet satu kota, maka WAN lebih luas dari itu. Jalur transmisi dengan nama lengkap Wide Area Network ini bisa menghubungkan antar negara bahkan benua.

WAN sendiri memiliki teknologi yang cukup mutakhir karena cakupannya sendiri yang sangat luas. Bahkan, mereka sudah menggunakan satelit atau lebih canggihnya lagi adalah kabel optik dalam tanah atau laut sehingga beragam data dapat sampai lebih cepat.

Selain lebih cepat, data atau informasi yang dikirimkan lewat jaringan WAN ini tentunya makin aman. Kerahasiaannya terjaga karena sulit dibobol oleh hacker. Jikapun bisa, pastinya membutuhkan waktu lumayan lama untuk memperoleh data.

Kelebihan dan Kekurangan

Selain pengertian jaringan LAN, MAN dan WAN di atas, ada baiknya Anda juga tahu kelebihan serta kekurangan ketiga jalur transmisi data yang sering dipakai orang-orang tersebut. Berikut kedua perbedaannya.

1. Jaringan LAN

Karena ruang lingkupnya lumayan kecil, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk membangun jaringan tersebut. Biaya pembelian perangkat dan kabelnya pun bisa dipangkas.Koneksi pada media pun berjalan cepat.

Sayangnya, jaringan tersebut tidak memiliki kekuatan sinyal yang bagus karena keterbatasan area. Kadang terasa kurang nyaman ketika digunakan sebagai pengirim informasi dari satu media ke lainnya. Tidak seperti saat dipakai surfing.

2. Jaringan MAN

Kelebihan yang dimiliki jaringan MAN adalah lebih menguntungkan ketika digunakan sebagai pengirim informasi atau data dari satu perangkat ke lainnya, karena jangkauan lebih luas. Selain itu, sistem komunikasi di sini juga terasa cepat.

Kekurangannya, jaringan MAN ini termasuk dalam jalur transmisi yang mudah dibobol hacker. Lapisan keamanan di dalamnya belum cukup bagus untuk melindungi perusahaan atau kantor pemerintahan dari tangan-tangan jahil.

3. Jaringan WAN

Karena jaringan ini termasuk yang paling canggih, banyak kelebihan dari WAN jika dipakai orang-orang. Cakupannya jelas lebih luas dengan tingkat keamanan tinggi. Sangat memudahkan bagi para pebisnis atau kantor pemerintahan dalam bertukar informasi.

Sementara kekurangan dari WAN adalah biaya operasionalnya jelas lebih mahal karena cakupan luas tersebut. Sementara perangkat penghubungnya sendiri juga banyak, sehingga jarang sekali individu yang memakai jaringan ini.

Setelah mengetahui pengertian LAN, MAN dan WAN di atas, pastinya Anda jadi lebih tahu dengan bagaimana cara internet bisa menghubungkan banyak orang dalam lingkup-lingkup dan tingkat keamanan tertentu. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *