Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

4 Metode Cara Menambang Kripto dan Simpan Aset di Indodax

2 min read

Cara Menambang Kripto

Belakangan ini khususnya orang dari Indonesia, yang ingin memiliki aset kripto meningkat secara signifikan. Ada berbagai macam cara menambang kripto yang perlu kamu perhatikan jika memang benar-benar ingin memiliki aset kripto.

Baca juga : analisa dan prediksi harga koin BNB (Binance)

Dengan kata lain, aset kripto sendiri bisa diperoleh secara gratis dengan melakukan mining atau menambang secara online melalui perangkat elektronik, seperti komputer, laptop ataupun android.

Apa itu Kripto?

Kripto atau mata uang kripto merupakan sebuah aset digital yang bertujuan untuk sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi sebagai keamanan transaksi keuangan, kontrol proses pembuatan aset tambahan dan verifikasi transfer aset.

Mata uang kripto saat ini jumlahnya sangat banyak dan di Indonesia sendiri aset kripto yang paling populer yaitu Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Binance Coin dan lain sebagainya.

Tentu, setiap aset kripto memiliki harga dan nilai tukar yang berbeda seperti saat ini 03 Maret 2022 di Indodax harga bitcoin mencapai Rp677 juta. Jika kamu serius ingin menambang aset kripto pastikan untuk melihat market crypto hari ini di Indodax.

Cara Menambang Kripto

Dalam proses menambang kripto ini membutuhkan koordinasi antara software dan hardware dalam teknologi jaringan yang terdiri dari banyak mesin untuk membuat aset kripto. Terdapat 4 metode untuk menambang kripto yang bisa Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:

1. Pool Mining

Sesuai definisi dari kata pool yang artinya kolam sedangkan mining yaitu merujuk pada sebuah kelompok orang untuk mendapatkan bitcoin. Jadi untuk mendapatkan bitcoin atau aset kripto yang pertama ini dengan cara bergabung dan berkelompok dengan banyak orang untuk mendapatkan aset kripto.

Baca juga : simulasi aplikasi belajar saham untuk pemula

Proses mendapatkan dengan cara ini membutuhkan bantuan operator atau jasa pihak ketiga sebagai penyedia layanan mining pool. Setiap kontribusi yang kita berikan kepada pihak tersebut dan kita akan mendapatkan sejumlah aset kripto.

Sistem mining pool ini berbagi keuntungan yang berbeda setiap produk yang dihasilkan dan setiap sejumlah kontribusi yang diberikan.

2. Cloud Mining

Sedangkan metode cloud mining merupakan cara menambang kripto yang tidak membutuhkan komputasi canggih. Artinya kamu hanya membutuhkan layanan cloud mining dari para penyedia cloud miner di situs internet atau di aplikasi smartphone.

Menambang dengan cara cloud mining biasanya sangat menggiurkan tapi beresiko tinggi. Cara penggunaannya yang tidak membutuhkan pengetahuan khusus terkait hardware dan software. Salah satu contoh situs cloud mining seperti hashing24, hashflare, dan genesis mining.

3. Menambang Kripto dengan Solo Mining

Metode lainnya untuk menambang kripto yaitu dengan solo mining yang mana kamu harus membangun perangkat sendiri baik dalam hardware maupun software. Hal ini membutuhkan perlengkapan komputer yang canggih seperti harga drive, motherboard, RAM dan daya listrik yang mendukung.

Selain itu kamu juga harus memahami dan menyelesaikan algoritma matematika yang rumit untuk memiliki aset kripto. Tidak heran jika para miner kripto dengan cara ini memiliki pengetahuan lebih tentang teknologi.

Agar bisa berjalan dengan lancar kamu membutuhkan ASIC (Application Specific Circuit Chips) untuk mendukung kelancaran dalam menambang seperti BTC miner, easy miner, Bitcoin miner, CGminer, dan BFGminer.

4. Trading

Metode terakhir untuk menambang aset kripto yaitu trading. Ternyata trading juga sangat mendukung dalam hal menentang kripto. Seperti pada umumnya terjadi merupakan aktivitas transaksi jual beli aset kripto di pasar online.

Baca juga : rekomendasi aplikasi belajar forex terbaru

Biasanya para pengguna mencari keuntungan dengan cara membeli aset kripto pada saat harga murah dan menjualnya ketika harga naik.

Ini adalah cara yang tepat untuk menantang kripto karena dengan kemudahan sistem trading. Selain itu kamu bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun baik menggunakan perangkat komputer maupun smartphone.

Tempat Penyimpanan (Wallet) Aset Kripto Terpercaya

Tempat untuk trading yang terpercaya di Indonesia untuk mendapatkan aset kripto yaitu di indodax.com. kamu bisa mengakses melalui aplikasi di playstore, apps store dan browser komputer.

Apa itu Indodax?

Indodax merupakan sebuah marketplace pasar jual beli aset digital terpercaya di Indonesia yang sejak tahun 2014 dan telah terdaftar di Bappebti dengan nomor 002/BAPPEBTI/CP-AK./01/2020 pada 31 Januari 2020.

Cara Menyimpan Hasil Menambang Kripto ke Indodax

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar proses penyimpanan atau pemindahan kripto dari satu tempat ke indodax bisa berjalan dengan lancar. Berikut cara menyimpannya :

  1. Buka situs Indodax.com atau aplikasi indodax di smartphone.
  2. Silakan login dan jika belum punya akun silahkan registrasi serta telah terverifikasi menggunakan KTP.
  3. Jika kamu punya aset Prapto berupa bitcoin silakan masuk ke menu E-Wallet dengan menekan 3 garis pada pojok kiri atas.
  4. Pilih opsi BTC atau bitcoin.
  5. Kamu akan melihat address bitcoin atau alamat aset bitcoin.
  6. Sekarang mau kembali ke hasil aset kripto yang kamu dapatkan melalui salah satu 4 metode di atas.
  7. Kirimkan saldo bitcoin kamu ke indodax menggunakan address yang kamu copy baru saja.
  8. Tunggu beberapa saat hingga saldo sudah masuk di wallet indodax.
  9. Selesai.

Ketika aset kripto sudah terkumpul dengan menambang kripto seperti penjelasan di atas, kini kamu bisa melakukan investasi dan trading di marketplace Indodax.

Jika masih bingung caranya mining, sebagai investasi aset digital Di Indodax punya kanal edukasi namanya Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar.

Baca juga : cara mencegah virus ransomware pada komputer

Setelah paham, baru kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi maupun di aplikasi mobile indodax yang merupakan Indonesia Bitcoin and kripto Exchange.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.