Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Aplikasi Pengganti Adobe Illustrator yang Layak Dicoba

2 min read

Aplikasi Pengganti Adobe Illustrator

Program Adobe Illustrator menjadi salah satu benchmark bagi para desainer ternama sebagai pengganti andalan untuk aplikasi pengolah vector graphic. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa rekomendasi aplikasi penggantu adobe illustrator yang layak anda coba.

Baca juga : perbedaan bitmap dan vektor pada gambar digital

Bagi anda yang hobi membuat desain dengan file gambar vektor, tentunya Adobe Illustrator adalah salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan diantara para desainer grafis.

Dengan dukungan penuh dari Adobe serta dilengkapi dengan berbagai tools yang lengkap, sulit jika menganggap aplikasi ini memiliki pengganti yang setara. Dengan support dari Adobe Creative Cloud, aplikasi ini sangat memanjakan para Illustrator dan para desainer untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Sayangnya, diantara beberapa keunggulannya tersebut aplikasi ini juga memiliki beberapa kelemahan. Diantara kelemahan tersebut adalah aplikasi dari Adobe ini tidak gratis dan bisa dibilang cukup mahal. Selain itu juga, agar bisa berjalan dengan kinerja yang semestinya maka memerlukan komputer dengan spek yang tinggi.

Aplikasi Pengganti Adobe Illustrator

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi aplikasi pengganti software adobe illustrator yang bisa anda coba dalam mendesain gambar atau mengelola vektor, diantaranya yaitu:

1. InkScape

Bagi anda pecinta aplikasi pengolah grafis vektor, InkScape bisa menjadi salah satu aplikasi Open-Source yang layak untuk dilirik. Karena sifatnya yang Open-Source, software ini bisa digunakan secara gratis dengan Lisensi GNU GPL.

Meskipun bersifat open-source, aplikasi ini bisa dianggap sebagai aplikasi pengolah vektor grafis yang ringan dan memiliki tools yang cukup lengkap. Selain itu, InkScape juga menyediakan versi portable dan dapat anda install melalui Flashdisk atau Hardisk Eksternal.

2. Gravit Designer

Diantara kedua aplikasi diatas, Gravit memberikan pengalaman yang berbeda bagi desainer grafis. Aplikasi ini sudah mendukung platform Windows, Linux, iOS, dan bahkan ChromeOS. Jika anda tidak ingin meng-install di PC atau Laptop, anda bisa menambahkan software ini sebagai plugin pada browser Google Chrome. Ukuran software ini sangat kecil, bisa berjalan dengan ringan dan tentunya bisa digunakan secara gratis.

3. Canva

Pada dasarnya Canva berbeda dengan beberapa aplikasi pengganti Adobe Illustrator yang lainnya. Canva merupakan aplikasi berbasis web. Artinya anda hanya bisa mengakses aplikasi ini melalui internet menggunakan web browser.

Meskipun demikian, aplikasi ini tengah menjadi favorit para desainer terutama para pemula, karena pada Canva sudah disediakan berbagai elemen ataupun template yang dapat langsung digunakan secara gratis. Versi gratis nya sudah sangat luar biasa, dan jika anda berkenan membayar untuk versi premium nya maka anda bisa mengakses ribuan template profesional yang siap pakai.

4. Vectr

Hampir serupa dengan Canva, Vectr juga merupaakan aplikasi berbasis web (web based application). Software ini hanya digunakan secara online. Ini bisa menjadi salah satu kelebihan bagi aplikasi pengganti Adobe Illustrator yang satu ini.

Karena anda tidak perlu repot memikirkan spek PC atau Laptop yang mendukung untuk mengolah grafis. Akan tetapi, karena aplikasi ini berbasis internet, sebagaimana pada Canva, kinerja dari aplikasi ini sangat bergantung kepada stabilitas koneksi internet anda.

5. CorelDraw Graphic Suite

Di urutan pertama aplikasi pengganti Adobe Illustrator adalah CorelDraw. Aplikasi ini sudah sejak lama menjadi pesaing ketat bagi AI (Adobe Illustrator) untuk menjadi favorit aplikasi pengolah grafis vektor. Salah satu kelebihan dari aplikasi CorelDraw adalah penggunaannya yang lebih ringan dari pada AI.

Beberapa desainer grafis bahkan memberikan testimoni, bahwa untuk membuat gambar yang sama, menggunakan CorelDraw akan lebih cepat dibandingkan Adobe Illustrator. Akan tetapi, masih ada pula beberapa fitur-fitur Adobe Illustrator yang tidak dijumpai pada CorelDraw.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat dapat saya bagikan mengenai rekomendasi beberapa aplikasi pengganti adobe illustrator yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan terimakasih, sampai telah berkunjung di website masdzikry.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “5 Aplikasi Pengganti Adobe Illustrator yang Layak Dicoba”

  1. Terima kasih untuk pengetahuan rekomendasi aplikasi pengganti adobe ilustratornya… sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.