Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Kisi-kisi dan Contoh Soal Ukom Kebidanan Terbaru

2 min read

Contoh Soal Ukom Kebidanan Terbaru

Profesi bidan menjadi salah satu pekerjaan yang prospeknya akan terus ada dan dibutuhkan di masa depan untuk membantu seseorang melahirkan. Tak heran jika jurusan ini banyak diminati oleh generasi muda yang ingin terjun di dunia kesehatan. Untuk itu, penting mempelajari contoh soal ukom kebidanan.

Baca juga : kunci keunggulan siswa SMK di era modern

Sebelum menghadapi ujian kompetensi untuk profesi kebidanan, maka tahap persiapan adalah yang tidak boleh dilewatkan. Anda harus mempelajari kisi-kisi apa saja yang nantinya akan muncul dalam ukom kebidanan. Pelajari hal tersebut hingga menguasai dengan baik sehingga mudah saat ujian nantinya.

Pentingya Kisi-kisi Ujian

Kisi-kisi atau blue print pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dipelajari saat sekolah kebidanan. Oleh karena itu, siapkan buku, jurnal, maupun literasi lainnya dari sumber terpercaya dan valid. Kisi-kisi dibutuhkan untuk gambaran peta soal ujian penyebaran dan jumlah soal yang akan diujikan.

Blue print yang diberikan biasanya mencakup ruang lingkup uji kompetensi yang dikembangkan secara nasional serta mengacu pada standar kelulusan kompetensi di D3 Kebidanan. Jika sudah memahami peta pembelajaran yang digambarkan, maka akan lebih mudah dalam mengerjakan soal nantinya.

Dengan memahami kisi-kisi atau blue print sebelum ujian, maka Anda pun akan lebih mudah dalam menentukan strategi belajar apa yang harus dilakukan. Karena sudah jelas materi serta topik apa saja yang nantinya akan keluar pada saat ujian.

Daftar Kisi-kisi Ukom Kebidanan

Kisi-kisi untuk ujian kompetensi tidak akan jauh berbeda dengan apa yang sudah dipelajari. Tentu Anda juga harus menyesuaikan dengan materi setiap semester hingga ujian akhir kelulusan termasuk untuk profesi kebidanan. Berikut ini beberapa contoh soal ukom kebidanan, di antaranya:

1. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Reproduksi Remaja Perempuan

Sistem reproduksi perempuan merupakan hal utama yang harus dipelajari oleh seorang bidan karena pekerjaannya nanti berkaitan dengan hal tersebut. Fisiologi pertumbuhan dan perkembangannya menjadi salah satu topik yang biasanya akan keluar dalam ujian. Berikut ini beberapa sub topik yang harus dipelajari, di antaranya:

  •  Menarche

Kasus ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami gangguan haid. Sehingga penting untuk mengetahui tentang batasan haid normal hingga kapan terjadi menarche. Contoh soalnya akan berkaitan dengan suatu kasus dan bagaimana cara mengatasi jika menghadapi pasien dengan keluhan menarche atau haid berlebih dalam satu bulan.

  • Perubahan Bentuk Payudara

Ketika seorang perempuan mulai menginjak usia remaja, maka akan terjadi perubahan pada ukuran payudaranya. Sebagai bidan Anda dituntut harus paham kapan perubahan tersebut mulai terjadi, bagaimana pertumbuhan anatomi payudara remaja, serta bagaimana cara perawatannya.

  • Kebersihan Area Genitalia

Area intim pada perempuan penting untuk dijaga kebersihannya agar terhindar dari virus maupun bakteri. Maka sebagai bidan juga harus mengetahui bagaimana cara membersihkan area genitalia dengan baik dan benar.

2. Deteksi Dini Komplikasi, Rujukan, dan Kegawatdaruratan

Tugas bidan adalah melakukan diagnosis dan menangani pasien wanita yang akan melahirkan maupun memeriksakan sistem reproduksinya. Berikut ini beberapa kisi-kisi soal yang mungkin akan keluar untuk topik tersebut, di antaranya:

  • Gangguan Haid

Tidak semua wanita mengalami haid yang normal, terkadang ada yang mengalami gangguan haid karena berbagai faktor. Oleh karena itu, penting untuk memahami, jenis-jenis gangguan haid, gejala, penyebab, penanganan, hingga rujukan jika tidak mampu mengatasi masalah pasien.

Baca juga : mengenal beberapa macam jurusan kuliah di Indonesia

Gangguan haid pun ada berbagai macam, mulai dari haid lancar setiap bulan namun darah sedikit, haid jarang, haid berlebihan, kram yang terasa sangat menyakitkan saat haid, dan lain sebagainya. Bidan harus memahami keluhan pasien dan mencari tahu solusi untuk mengatasinya.

  • Struktur Hymen

Hal-hal yang harus dipelajari berkaitan dengan struktur hymen di antaranya seperti anatomi, jenis-jenis gangguan struktur hymen, penyebab, hingga penangannya. Bidan harus memahami hal ini sehingga jika ada pasien yang mengalami kondisi tersebut maka bisa mengatasinya dengan baik.

  • Pergaulan Bebas

Hal-hal yang berkaitan dengan topik pergaulan bebas seperti penyebab, pengaruhnya terhadap kesehatan reproduksi, cara pencegahan dan penanganan, serta kolaborasi pendekatan multidisiplin. Bidan juga harus menjadi konsultan yang baik terhadap remaja agar terhindar dari pergaulan bebas.

  • Pernikahan Dini

Pernikahan yang terlalu dini bisa berakibat kurang baik karena sistem reproduksi dan mental anak perempuan di usia tersebut masih belum siap. Hal-hal yang harus dipelajari seperti penyebab pernikahan dini, pengaruhnya, hingga pencegahan dan penanganan.

Sehingga bidan nantinya diharapkan mampu melakukan tindakan preventif untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

  • Kehamilan Tidak Diinginkan

Kehamilan yang tidak diinginkan adalah salah satu dampak dari pergaulan bebas. Kisi-kisi soal yang mungkin akan keluar seperti penyebab, pengaruh, pencegahan, serta penanganan KTD agar tidak dialami oleh para remaja.

  • Infeksi

Organ intim juga bisa mengalami infeksi karena beberapa faktor. Bidan juga harus mempelajari tentang jenis-jenis infeksi genitalia, penyebab, pengaruh, serta penanganannya.

  • Premenstrual Syndrome

Sebelum haid, setiap perempuan biasanya akan mengalami PMS atau premenstrual syndrome. Setiap orang akan mengalami gejala berbeda-beda. Bidan juga harus memahami definisi, jenis-jenis, penyebab, pengaruh, serta penanganannya.

Dengan mempelajari kisi-kisi dan contoh soal ukom kebidanan, maka akan lebih mudah bagi Anda dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.